Halo semua, selamat datang di blog tongkrongan rakyat! Blog ini dibuat pada tanggal 22 Januari 2022. Blog ini menyajikan hal-hal yang mungkin baru saja sedang nge trend atau bisa dibilang sebagai "trending topic" yang bertujuan agar kita tidak ketinggalan berita terkini ataupun agar tidak terkena hoax. Blog "tongkrongan rakyat" dibuat karena banyak sekali masyarakat yang berasumsi bahwa anak muda yang suka nongkrong adalah orang yang tidak jelas hidupnya atau 'begajulan'. Semoga bisa bermanfaat.

Bagaimana Cara Membangun Citra dan Reputasi Universitas

Dalam dunia bisnis, branding atau merek akan membantu konsumen dalam memilih produk, walaupun produknya tidak jauh berbeda dengan produk lain tetapi produk tersebut berasal dari perusahaan dengan merek yang tinggi.

Begitu juga dengan dunia kampus, mahasiswa akan lebih memilih universitas dengan brand image yang tinggi, dibandingkan universitas dengan brand image yang lebih rendah, meskipun program yang ditawarkan sama.

Branding dari London Business School, misalnya, dapat menarik biaya 5 kali lebih banyak daripada institusi lain dengan peringkat lebih rendah meskipun memiliki kurikulum serupa. Usia universitas di Eropa secara statistik dapat dikaitkan dengan keunggulan penelitian yang berarti bahwa daya tarik staf yang memiliki reputasi baik dipengaruhi oleh branding yang ditunjukkan oleh usia institusi dan gaya bangunan.

Perbedaan yang signifikan antara perguruan tinggi dan perusahaan) terletak pada kegiatan dimana perusahaan mengarahkan kegiatannya untuk kepuasan pemegang saham dan memperoleh keuntungan, sedangkan perguruan tinggi tidak memiliki kegiatan yang jelas. Ambiguitas ini disebabkan oleh kenyataan bahwa perguruan tinggi sangat bergantung pada dana negara sehingga berbagai aspek kegiatannya harus sejalan dengan kebijakan pemerintah.

Perguruan tinggi, seperti halnya perusahaan, memiliki berbagai fakultas atau departemen yang dapat digunakan untuk menarik pangsa pasar, sehingga pangsa pasar ini merupakan pesaing reputasi antara universitas. Citra dan reputasi universitas tidak ditentukan oleh lokasi dan usia institusi, meskipun diakui dipengaruhi oleh keduanya, misalnya London School of Economics (LSE) tidak terletak di lokasi yang strategis di London dan gedungnya. tidak menarik, tetapi jika dikaitkan dengan kinerja jangka panjang, ternyata LSE memiliki reputasi dan citra yang mengesankan dan didasarkan pada prestasi akademik dan intelektual.kontribusi berupa gagasan sosial dan politik.

Pertanyaannya adalah strategi apa yang harus dijalankan universitas untuk membangun citra dan reputasi?Pertama, hubungan masyarakat seperti hubungan masyarakat memainkan peran yang sangat penting dalam promosi universitas jika reputasi universitas adalah aset utama. Dibutuhkan strategi dan keterampilan manajemen dalam melakukan promosi yang dapat menggunakan TV, radio, surat kabar, website, dan media sosial.

Kedua, strategi lain yang dapat digunakan adalah melalui kegiatan open house dengan mengundang pelanggan bersama dengan undangan ke massa media serta strategi lainnya melalui pembentukan opini yang dirancang untuk memperkuat dan memperluas citra akademik.

Ketiga, universitas juga dapat memanfaatkan art center, theater, science park, conference center, sebagai upaya horizontal branding untuk secara kuat menghubungkan institusi dengan non aspek akademik dalam rangka kenaikan pangkat.

Keempat, strategi lain berkaitan dengan penampilan luar universitas dengan meningkatkan citra visual universitas, sehingga universitas tidak terlihat kumuh.

Kelima, keberadaan “kampus menarik yang terawat” juga dapat dijadikan nilai jual yang penting bagi pelanggan eksternal, sehingga dapat memberikan keyakinan bahwa universitas dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi kebanggaan pelanggan.

Keenam, kampus juga harus memiliki staf yang membantu, positif, dan ramah serta memiliki semangat dan prinsip pemasaran yang tinggi dengan sukses sehingga dapat menentukan bagaimana pelanggan memandang organisasi.

Ketujuh, universitas tidak memiliki penjualan langsung seperti organisasi komersial, tetapi dengan cara yang sama universitas dapat melayani pelanggan baru dengan menunjukkan fakultas mana gedung, kantin, laboratorium, cara pengelolaan area parkir, cara menangani barang pelanggan yang hilang, dan lain sebagainya.

Ingat, Universitas dengan reputasi dan citra eksternal yang kuat akan membawa manfaat internal yang signifikan. Upaya menghabiskan banyak uang untuk membangun reputasi atau citra merek tanpa substansi pendukung mungkin tidak efektif secara eksternal dalam jangka panjang dan akan menimbulkan skeptisisme dan kurangnya kepercayaan diri secara internal, tetapi universitas yang berhasil berinvestasi dalam membangun reputasi publik dapat memperkuat posisinya secara internal dan eksternal.

Dalam dunia bisnis, branding atau merek akan membantu konsumen dalam memilih produk, meskipun produk tersebut tidak jauh berbeda dengan produk lain tetapi produk tersebut berasal dari perusahaan dengan merek yang tinggi. Begitu juga dengan dunia kampus, mahasiswa akan lebih memilih universitas dengan brand image yang tinggi, dibandingkan universitas dengan brand image yang lebih rendah, meskipun program yang ditawarkan sama. 

Perbedaan yang signifikan antara perguruan tinggi dan perusahaan) terletak pada kegiatan dimana perusahaan mengarahkan kegiatannya untuk kepuasan pemegang saham dan memperoleh keuntungan, sedangkan perguruan tinggi tidak memiliki kegiatan yang jelas. Dibutuhkan strategi dan keterampilan manajemen dalam melakukan promosi yang dapat menggunakan TV, radio, surat kabar, website, dan media sosial.

Sumber: https://www.academic-life.net/


1 komentar: